Laskar Pelangi 2 : Si Pemimpi dari Belitong | Cinta Produk Indonesia

Visitor

hit counter

Jumat, 27 November 2009

Laskar Pelangi 2 : Si Pemimpi dari Belitong


Akhirnya bakal keluar juga nih lanjutannya laskar pelangi, gak sabar pengen nonton. Film ini akan tayang perdana dalam pembukaan "Jakarta International Film Festival" pada awal Desember 2009.

Sebagian besar isi film bercerita tentang masa keduanya saat SMA. Arai (Sandy Pranatha) sesungguhnya adalah sepupu jauh Haikal. Arai, yang menjadi yatim piatu, kemudian diasuh seperti anak sendiri oleh ayah Haikal (Mathias Muchus).

Arailah si sang pemimpi. Setelah membentangkan peta dunia di kamar kos mereka yang sempit, ia mulai bermimpi berkeliling dunia hingga bermuara ke Paris.

"Kita ke Paris boy, kita lihat salju, kita akan menginjakkan kaki di altar suci almamater Sorbonne! Apa pun yang terjadi," ujar Arai berapi-api. Haikal terbuai dan ikut memelihara mimpi itu sampai kini.

Dalam film garapan keduanya, sutradara Riri Riza mengajak penonton menikmati cerita dari kilas balik. Pada mukadimah, Riri menyuguhkan kondisi Haikal dewasa yang terjebak dalam rutinitasnya di kantor pos. Tak lama kemudian, alur pun mundur perlahan.

Kisah-kisah haru dirajut, namun tak cengeng. Bahkan bertambah lucu oleh kehadiran Jimbron (Azwir Fitrianto), teman SMA mereka berdua, yang bicaranya gagap. Remaja tambun ini gagap sejak kecil setelah menyaksikan kematian Ayahnya. Jimbron sangat menyukai kuda. Impiannya, ingin menunggangi kuda.

Penulis novel Sang Pemimpi, Andrea Hirata, memang menjadikan Arai sebagai "nyawa" dalam cerita kali ini. Bukan hanya menjadi sang pemimpi, Arai juga bisa mewujudkan mimpi Jimbron menaiki kuda seharian keliling desa. Tak ketinggalan pula, masa puber dilewati mereka dengan menonton film esek-esek Indonesia di bioskop, hingga tepergok kepala sekolah, dan tak lupa mengejar wanita pujaan. Bahkan Arai rela ikut kursus gitar pada penyanyi orkes Melayu bergaya dandy bernama Zaitun untuk menaklukkan hati Zakia Nurmala.

Andrea lagi-lagi puas atas hasil karya rumah produksi Miles ini. "Saya juga baru nonton, dan ini lebih dahsyat dari Laskar Pelangi," katanya. Ia paling terkesima oleh adegan saat Haikal mengejar ayahnya setelah pembagian rapor. Haikal berlari puluhan kilometer menyusul laju sepeda sang ayah, untuk memeluknya erat. "Ia memang ayah nomor satu di dunia," Haikal membatin. Menurut Andrea, beberapa adaptasi tadi justru kian menguatkan cerita. "Saya tak masalah dengan penguraian, karena pesannya tentang hubungan ayah dan anak, pendidikan, dan persahabatan jadi kuat," katanya.

"Bagian tadi tidak ada dalam novel," ujar Riri menimpali. Juga saat perpisahan Arai dan Zakia. Ketika Arai melambaikan tangan pada gadisnya, yang menunggu di tepi laut, ia berteriak, "Zakia, tunggu Abang." Kemasan sederhana yang menyayat hati. Apalagi ditambah taburan keindahan alam Belitung yang tak luput dari bidik kamera.

Wajah-wajah baru kali ini bertaburan, seperti Sandy (Arai kecil), Ahmad Syaifullah (Arai remaja), dan Vikri Setiawan (Haikal remaja). Untuk Haikal kecil tetap diperankan oleh Zulfani. Tokoh baru lainnya adalah penyanyi Nugie, yang didaulat produser Mira Lesmana memerankan seorang guru sastra bernama Julian Balian, dan Nazril Ilham alias Ariel 'Peterpan', kebagian lakon menjadi Arai dewasa. Dan Landung Simatupang sebagai Pak Mustar, kepala sekolah killer yang selalu menyebut Haikal, Arai, dan Jimbron berandal.

Akting Nugie sebagai guru sastra yang gemar meniupkan semangat meraih mimpi terbilang mulus. Meski peran Balian tidak dihadapkan pada sebuah konflik yang kental, debut Nugie mulus. Berbeda dengan Ariel, yang masih terlihat kaku di depan kamera. Walau wajah dan fisiknya sangat mendukung menjadi Arai dewasa, jelas pentolan Peterpan itu harus lebih banyak belajar.



laskar pelangi #2
Judul: Sang Pemimpi
Genre: Drama
Sutradara: Riri Riza
Produksi: Miles Production
Pemain: Zulfani, Sandy Pranatha, Ahmad Syaifullah, Vikri Setiawan, Lukman Sardi, Nazril Ilham, Nugie, Mathias Muchus, Rieke Dyah Pitaloka
dikutip dari www.tempointeraktif.com

0 komentar: